Tuesday, January 15, 2013

Bermain Rubik? Ayo!

Ini  kali pertamanya L berbagi informasi tentang hobi baru buat kalian yang belum pernah bermain rubik. Buat kalian yang udah bisa bahkan jago main rubik, baiknya skip aja deh postingan L ini dan share pengalaman kalian di comment box tentang rubik aja, hehe.

Buat kalian yang belum pernah tahu, apa sih rubik itu? Makanan apa? Belinya dimana? Oke, L akan berbagi informasi buat kalian yang makin penasaran.

Nah, gambar disamping ini loh yang namanya rubik. Mungkin kalian udah pernah punya di rumah pas kalian kecil, cuma kalian nggak tahu aja kalo namanya rubik. Iya kan? Hehe, jadi buat kalian yang udah punya dan nggak bisa menyelesaikan permainan teka-teki mekanik yang dibuat oleh seorang pemahat sekaligus profesor Arsitektur dari Hungaria, Erno Rubik, mulailah mencoba menyelesaikannya sekarang!



Mungkin kalian juga pernah melihat di acara - acara televisi yang menyajikan kompetisi adu kecepatan dalam menyelesaikan rubik.
Sebenarnya, banyak sekali jenis rubik yang ada sekarang ini. Hanya saja, untuk pemula, belajar menyelesaikan rubik 3x3 adalah yang paling dasar. Jika sudah mahir pada rubik 3x3 maka kalian akan mudah menyelesaikan rubik 4x4, 5x5, dan seterusnya. Baiklah, langsung saja, untuk mempermudah kalian belajar, L akan share video yang pernah L temukan di youtube dan L pelajari hingga sekarang ini L sudah lancar menyelesaikan rubik 3x3.

Tutorial rubik 3x3 bagian 1

Tutorial rubik 3x3 bagian 2

Tutorial rubik 3x3 bagian 3

Nah, video tutorial di atas adalah untuk pemula yang ingin menyelesaikan rubik dengan metode layer by layer biasa. Untuk kalian yang udah jago dengan metode di atas bahkan di luar kepala, tidak ada salahnya untuk mencoba metode F2L yang bisa menyelesaikan dua layer sekaligus dalam satu langkah. Penasaran? Coba perhatikan video yang L share berikut. Mungkin akan terasa rumit dan susah, tapi tidak ada salahnya menghafal sedikit demi sedikit algoritmanya.
Tutorial F2L bagian 1

Tutorial F2L bagian 1

Nah, semakin ingin mencoba? Just do it! Jangan menyerah yah buat kalian yang mungkin masih kebingungan pada tahap awal ini. Semakin banyak berlatih semakin lancar kok, buktikan kalau kalian juga bisa menyelesaikan permainan ini!

Oh iya, buat kalian yang penasaran jenis-jenis rubik apa aja yang unik dan menarik untuk diselesaikan coba kunjungi thread kaskus yang L temukan. Yuk, intip dengan klik disini! (karena thread kaskus yang L maksud tidak bisa diakses, makaL menemukan blog terselubung yang juga memuat informasi yang sama bersumber dari kaskus)

Semoga apa yang L bagikan ke kalian ini bisa bermanfaat untuk mengisi waktu luang yang kalian punya dan semoga berhasil menyelesaikan permainan rubik ini dengan lancar (kalau bisa kurang dari 1 menit yah! L tantang nih! :p).

Salam,
L

No comments:

Post a Comment